Untung Rugi Perpanjangan PPKM Darurat

Pemerintah resmi memperpanjang PPKM darurat Jawa-Bali hingga 25 Juli 2021. Keputusan tersebut tentu membawa banyak konsekuensi, salah satunya bagi pelaku usaha. Oleh karena itu, pemerintah diminta mempercepat pencairan bantuan sosial untuk meringankan beban masyarakat. Pemerintah juga diminta membuat aturan yang tegas dan jelas agar perpanjangan PPKM darurat ini efektif.

Komentar

  1. Bhuana Bali

    Bhuana Bali7 hari yang lalu

    Yg untung sdh jls klngan pejabat,klngan brduit,yg pnya gaji bulanan pensiunan,yg bermain srta yg berbisnis! Tp yg rugi yg sengsara sdh psti rakyat kecil,msyarakat yg mncari nafkah djalanan,kaum buruh,usha kecil modal mnim,trs yg dihadang djlanan dicegat dprjalanan dll,,yg berjaya dlm sikon apapun mau pandemi may krisispun ttp yg berjaya maling berdasi,penipu berdasi megang kkuasaan dn jabatan!

  2. Iskandar As

    Iskandar As8 hari yang lalu

    PPKM ini ngak ada untung nya. Yg jelas sangat merugikan rakyat. Rakyat tidak bisa kerja, usaha ditutup, Dagangan SEPI. Rakyat mati bukan karna Covid tapi karna LAPAR

  3. Ya No

    Ya No8 hari yang lalu

    Perenungan Malam, Kondisi Sangat Memprihatinkan, disaat Kondisi Ekonomi Defisit APBN/APBD disertai Krisis Kesehatan Ganasnya Covid19 banyak menelan korban jiwa, berdampak derita bagi Rakyat menengah bawah, Stress, Jenuh dan Ketidak pastian, Kegalauan Tentunya masih dalam batas kewajaran betapa banyak memilih terkena covid atau sakit terinveksi covid, bahkan meninggal dunia, daripada hidup dalam derita diri dan keluarga, penuh ketidak pastian, apalagi bermimpi dan Terpilih datangnya BANSOS, SUBSIDI,dll. Dan Wajarlah memilih kebebasan meskipun berjuang berlomba, siapa kuat terselamatkan sebagai pilihan yang tidak menyenangkan dan menyakitkan, dan sangat sangat memprihatinkan.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  4. Franciscus Christianto

    Franciscus Christianto8 hari yang lalu

    Perpanjang aja sampai 100 hari kedepan. Biar Pembrintah puas. πŸ˜“Aku rapopo ,,, 😑Cookkk !!!!

  5. Eka suparni Suparni

    Eka suparni Suparni9 hari yang lalu

    emang bantuan 300 ribu coba buat hidup yg lagi ngoceh bisa nggak

  6. Galih Gongli

    Galih Gongli9 hari yang lalu

    Ppkm di perpanjang , mafia Import jalan terusss

  7. edy prasetyo

    edy prasetyo9 hari yang lalu

    virus demam berdarah

  8. sang dika

    sang dika9 hari yang lalu

    Buntung yang ada

  9. Samsul Khusairi

    Samsul Khusairi9 hari yang lalu

    Wahai pak pre siden wapres Anggota dpr gubernur walikota sisihkan lah gaji kalian untuk para ekonomi k bawah. Dan para youtuber ketuklah hatimu untuk mmbantu saudaramu di kalangan menengah k bawah.

  10. Samsul Khusairi

    Samsul Khusairi9 hari yang lalu

    Bagi youtuber2 indonesia ketuklah hatimu untuk saudara2mu yg ekonomi k bawah. Apalgi para umkm menjerit adanya begini yg bantuannya belum jga ada.

  11. Riono Slamparejo

    Riono Slamparejo9 hari yang lalu

    Pemerintah harus tegas gak nyusah kan rayat

  12. Riono Slamparejo

    Riono Slamparejo9 hari yang lalu

    Ppkm opo iku gak takut kopiy saya takut lspar

  13. Braja kurana

    Braja kurana9 hari yang lalu

    Rakyat indonesia ini sebenarnya kena dampak semua ya.. Akibat dari ppkm yg berkepanjangan.. Jadi banyak yg melarat... ? Tapi yg bikin aturan nggak ada yg bertanggung jawab, dan nggak ada yg mau mengeluarkan uang untuk kebutuhan masyrakat...? Orang luar pun yg ada di indonesia itu sebenar nya juga kena dampaknya...sebenar nya juga harus dapat bantuan... Karna orang indonesia yg ada di luar, apa bila orang luar bikin aturan yg aneh aneh yg kiranya merugikan orang lain.. Orang indonesia yg ada di luar juga dapat bantuan.. Walaupun bukan orang luar... Karna orang luar itu juga tau perikemanusiaan....

  14. Tofik Djunaedi

    Tofik Djunaedi9 hari yang lalu

    Adakah kesadaran rakyat akan pandemi covid Adakah nasionalisme rakyat pada NKRI Adakah pejabat dari pusat sampe daerah desa yang 1 misi dan visi yang sama dalam menyikapi dan menanggulangi pandemi covid Adakah upaya rakyat untuk mentaati dan melakuakan dispilin PROKRES Ini Semua akibat virus 🦎 onta varian 4ras b2bbm

  15. Kick Sid

    Kick Sid9 hari yang lalu

    SOCIAL ECONOMIC COST - BENEFIT ? Social Economic Cost jauh lebih besar dibanding benefitnya

  16. Wendu Aja

    Wendu Aja9 hari yang lalu

    saya sudah capek lihat bantuan itu nytak ny gak ada bantuan2 yg juwal petol keliling aja gak diaper itu yg lebih ter dampak dan jajannan keliling ..itu..gak..dapat..apa..

  17. Wendu Aja

    Wendu Aja9 hari yang lalu

    kami sudah capek aturan ini kami sudah habis uwang untuk di makan kami yg hidup di perantauan ini di bali kami pedagang keliling ini dan kami harus bayar kos2san terus apa yg buat bayar kos2sann ini kl kami terus di kasih aturan2 dan bantuan 1000perak saja gak dapat ini giman nasip kami yg hidup di perantauan ini..di bali..kami dari dulu cuman kena aturan saja kami sudah capek...

  18. Dhe Bruiggs

    Dhe Bruiggs9 hari yang lalu

    Jika diterapkan UU karantina sesuai lazimnya tuntutan masyarakat jelas fondasi ekonomi negara Indonesia yg berkembang maju tapi sangat padat penduduk akan babak belur berantakan. Dengan rata" produktifitas rakyatnya masih relatif sedang sedikit rendah akan sangat jelas rugi maha dahsyat dan efektif langsung menurunkan kualitas hidup rakyat dalam jangka sangat pendek. Negara akan mengalami kehilangan hampir 50% potensi produktivity domestik artinya lebih dari 600 Trilyun rupiah mendekati 700 T setiap bulan. Bayangkan jika ppkm darurat atau separoh lockdown ituh terus menerus hingga 3 sampai 4 bulan tinggal dikalikan 3 atau 4 saja. Kerugian akan sangat besar untuk negeri sekelas ini, memperbaikinya tidak cukup dalam 1 atau 2 tahun kedepan. Negara masih dihadapkan dengan beban hutang yg masih sangat tinggi sehingga menyulitkan gejolak sedikit saja dalam mata uang dan kepercayaan dunia internasional. Kecuali pemerintah mengalami surplus neraca tahunan cukup besar selama 4-5 tahun berturut" saat sebelum pandemi sehingga memungkinkan negara punya tabungan sebesar ituh atau lebih sedikit, mungkin beda cerita tidak seperti saat ini. Tidak akan sampai mengganggu keseimbangan neraca keuangan pemerintah dalam jangka pendek menengah. Titik poinnya minimalisir kesalahan membuat kebijakan publik semacam ppkm atau semi lockdown jangan sampai mengganggu stabilitas ekonomi dan stabilitas sosial politik. Ongkos yg dikeluarkan pasti sangat mahal bisa diluar perkiraan, tidak sekedar beban pokok dan bunga hutang, tapi krisis kepercayaan dari rakyatnya dan penilaian buruk dunia internasional. Kejatuhan rezim negara berkembang selalu dari arah itu. πŸ˜“πŸ˜“

  19. Zakira Nur

    Zakira Nur9 hari yang lalu

    Lah tai

  20. Bang nor Ocimnoer

    Bang nor Ocimnoer9 hari yang lalu

    Situ untung terus arkyat bawah rugi blok kalo cuma buat aturan aja plonga plongo anak SD juga bisa.

  21. Demmy Asmara

    Demmy Asmara9 hari yang lalu

    kirain judulx untung rugi surya paloh πŸ˜‚πŸ˜‚

  22. Putra Tidalemba

    Putra Tidalemba9 hari yang lalu

    Saat ppkm saja masih banyak masyarakat yang bandel dan bahkan gak percaya dengan adanya covid-19, apalagi jika tidak ada aturan pembatasan interaksi sosialπŸ€¦β€β™‚οΈ Jangan berharap covid-19 bisa teratasi jika sebagian rakyat masih banyak yg keras kepala dengan menganggap covid-19 hal sepele bahkan di anggap tidak ada. Provokator2 harus di tangkap dan masyarakat di edukasi mengenai covid-19.

  23. EdiKani Pikir Tembang Coretan

    EdiKani Pikir Tembang Coretan9 hari yang lalu

    Kita tengok negara tetangga, kenapa cuma kita yang melonjak, apa bedanya cara mereka mencegah CoViD-19. Razia kita salah sasaran. idport.info/award/video/gaOZtZ-me3nLcJA

  24. Yusuf Ismail

    Yusuf Ismail9 hari yang lalu

    Mungkin ini SARAN: PPKM harusnya sdh berakhir, perkuat di prokes, bukan menutup ktr2 ,toko2,pedagang2, Masalahnya cuma satu MASYARAKATNYA yg di atur, prokes ,jgn menimbulkan kerumunan lebih dari 2org atau 3org, tempat ibadah sementara ditutup krn byk orgnya, tunggu sdh reda / menurun angka covidnya,,, itupun tetap bandel ,, Dlm hal ini PEMERINTAH HARUS TEGAS, apalagi yg ngambil jenazah covid secara paksa jgn ragu2 utk di tangkap smua, dan taruh di pulau terluar!

  25. Nurull Khfifahh

    Nurull Khfifahh9 hari yang lalu

    hancur sudah rakyat miskin bro makan apa rakyatmu usaha gagal total

  26. tino martino

    tino martino9 hari yang lalu

    Nggak usah bayar pajak. Miskin* dah nih negara

  27. Putra Tidalemba

    Putra Tidalemba9 hari yang lalu

    Intinya di sini masyarakat harus sadar dan tidak egois yaitu harus berpikir demi kebaikan bersama bukan hanya berpikir demi kesenganan dan kebebasan. Soalnya rata2 orang yang protes soal ppkm pada dasarnya karena gak terima jika kebebasannya di batasi itu kan sikap egois. Intinya pemerintah jangan sampai di pengaruhi oleh2 orang2 yang tidak percaya adanya covid lalu teriak seolah-olah gak bisa cari makan karena adanya ppkm.

  28. Jailani Ahmad

    Jailani Ahmad9 hari yang lalu

    Yg pd punya gaji mah malah seneng..lah saya yg dagang..mao ngarep sama siapa

  29. youtube chanel

    youtube chanel9 hari yang lalu

    Udah tau ga ngefek masih aja di perpanjang,, Yg harus di perketat itu rumah sakit dan jgn ada lagi berita covid ,,2th kasus covid mulu emng ga ada yg sakit jantung apa selain covid,,

  30. youtube chanel

    youtube chanel9 hari yang lalu

    @Tonadi Wijaya iyaa ,,penyakitnya apa vonisnya pasti covid ,,di jadiin bisnis ,,

  31. Tonadi Wijaya

    Tonadi Wijaya9 hari yang lalu

    Ajaibnya berita penyakit lain yg jauh lebih berbahaya tidak pernah terdengar lagi semenjak munculnya c19

  32. Pratama Perjoko

    Pratama Perjoko9 hari yang lalu

    Yang Untung Pagawai RI. Makan gaji buta Yg Rugi Karyawan Swasta di Potong Gaji. Di PHK. Dll Pedagang Sayur buah dll busuk...

  33. Nurull Khfifahh

    Nurull Khfifahh9 hari yang lalu

    ppkm di perpanjang merugikan massyarakat rakyat

  34. Tanah Airbeta

    Tanah Airbeta9 hari yang lalu

    Kalau emak2 turun ke jln semua kelar sudah.

  35. Yusuf Ismail

    Yusuf Ismail9 hari yang lalu

    PPKM BYK YG SALAH SASARAN!! DAN ATURAN NYA SANGAT2 RANCU!! BAYANGKAN TOKO BYK YG DITUTUP PAKSA padahal melayani pembeli tetap Prokes itu pun yg beli cuma Dua ato Tiga pembeli yg jg pake masker , kemudian di segel atau menghadap ktr walikota utk bayar denda yg tdk tertulis ( oknum ) coba bayangkan dgn yg jual pecel lele,bakso,soto, yg jelas jelas tdk prokes,jarang di sidak apalagi di denda ( mungkin tdk ada uang nya ) terus uang denda itu masuk kemana krn tdk bakalan transparan!! MOHON APARAT yg Lebih di Atas tolong turun ke bawah!! karena Covid tdk akan selesai2. Byk OKNUM YG MEMANFAATKAN SITUASI.

  36. kohar arif

    kohar arif9 hari yang lalu

    Merugikan, termasuk merugikan Bangsa n Negara kita sendiri itu tdk jauh beda dg merugikan keluarga kita sendiri, jk kita memiliki POWER/KEKUASAAN.. Itulah sebabnya dibutuhkan ILMU n KEMAMPUAN tuk memahami ilmu yg berasal dari Tuhan, agar power/kekuasaan kita itu tdk menjdkan kita n anak keturunan kita jd bahan pergunjingan yg tdk baik oleh orang2 yg ada disekitar kita atau anak keturunan kita, krn suatu kesalahan yg kita lakukan n sdh terlanjur beredar di media manapun saja. Ma'af jk saya salah

  37. K-DOENK

    K-DOENK9 hari yang lalu

    Jawa bali yg perlu d perlu d pertimbangkan berasnya pak πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

  38. Cak Eko Green Force Jabodetabek

    Cak Eko Green Force Jabodetabek9 hari yang lalu

    AngeL 🀸😁

  39. sayang lucy

    sayang lucy9 hari yang lalu

    Jalan nya ngn d ttup yg mw krj yg mw pulang k indonesia jg susah

  40. Kang Laik

    Kang Laik9 hari yang lalu

    Ooooooooo untung rugi. Cukup tau aja lah

  41. Viral Piral

    Viral Piral9 hari yang lalu

    Rakyat pasti ruginya pejabat pasti untungya, bisa nonton sinetron hidup dijamin uang rakyat

  42. Andre Rian

    Andre Rian9 hari yang lalu

    Akibat banyak utang sama negara china sihh ..

  43. neti zen

    neti zen9 hari yang lalu

    Kayaknya siapapun presiden ya kalo kondisinya gini pasti ppkm juga deh

  44. Lurah Combo Gaming

    Lurah Combo Gaming9 hari yang lalu

    FRIST BOLD .. BAN ESTES

  45. irfan thamrin

    irfan thamrin9 hari yang lalu

    Lanjutkan kelaparan mantul

  46. Cak Eko Green Force Jabodetabek

    Cak Eko Green Force Jabodetabek9 hari yang lalu

    PPKN 😁

  47. Saifudin Zuri

    Saifudin Zuri9 hari yang lalu

    PPKM DI PERPANJANGAN , TAPI KLO TKA DI PERBOLEHKAN MASUK INDONESIA , YA PERCUMA PAK PENGORBANAN RAKYAT INDONESIA , KARENE VARIAN2 ITU KAN DATANGNYA DARI LUAR .

  48. Setiawan

    Setiawan9 hari yang lalu

    Kalo boleh minta mending negara ini gk usah ada yg namanya DPR,MPR,MENTERI,dsb termasuk presiden.biarkan rakyat berjalan sendiri

  49. Sunset

    Sunset9 hari yang lalu

    Itu yang tidak pakai masker ditempat umum kok tenang2 saja … !?!? Masih hidup tapi otaknya sudah membusuk. Petugas yang mengawasi agar menyiapkan dan membagikan masker kepada orang2 yang tidak mengenakan masker.

  50. Yuditogel 1987

    Yuditogel 19879 hari yang lalu

    Bansos bukan patokan atau jaminan Bansos hanya berapa? Kalau orang kecil banyak cicilan bayar kos makan setiap hari apa cukup blt cmn 300.sekolah libur tapi ttp bayar setiap bulan

  51. Rabuli Umar

    Rabuli Umar9 hari yang lalu

    Uang bantuan sementara waktu ditumpukkan.PPKM darurat Jawa Bali Jadi tempat2 lain kurangi bantuannya.sentara pemerintah susah dana

  52. Agus Turmudi

    Agus Turmudi9 hari yang lalu

    Ra tepat blas

  53. Cak Eko Green Force Jabodetabek

    Cak Eko Green Force Jabodetabek9 hari yang lalu

    🀸

  54. KkuYusufkkk EleysouLk

    KkuYusufkkk EleysouLk9 hari yang lalu

    Kalo sampe gk ada perubahan ayo kita gerak lengserkan jokowi

  55. Cak Eko Green Force Jabodetabek

    Cak Eko Green Force Jabodetabek9 hari yang lalu

    🀸

  56. Abdullah Safwan

    Abdullah Safwan9 hari yang lalu

    Untung bagi polisi, pol pp, tni, dishub, rugi bagi rakyat yang usahanya harus di tutup selama ppkm

  57. Rizki Munawar Iskandar

    Rizki Munawar Iskandar9 hari yang lalu

    Rugi iya bos pinter tapi kok bodoh

  58. Asep Priyadi

    Asep Priyadi9 hari yang lalu

    Asalkan jangan diperpanjang sampai agustus aja soalnya adik saya terancam kerjaannya,klo saya mah udah pasrah soalnnya lagi nganggur

  59. IDN

    IDN9 hari yang lalu

    ayo semuanya gausah bayar pajak

  60. Mie Ayam Pentul

    Mie Ayam Pentul9 hari yang lalu

    Bansosnya disalurkan kesiapa pak,bansos saya malah dicabut,..

  61. IDN

    IDN9 hari yang lalu

    sadar ga kalian , pedagang disuruh tutup, giliran gerai mini market ga ada yg di suruh tutup , mana berani polpp tutup alfamart sama indomaret

  62. Wong Cilik

    Wong Cilik9 hari yang lalu

    Sebelum akhirnya memutuskan melockdown Ghana walaupun resikonya kehancuran ekonomi, Presiden Nana Akufo menulis di Twitter nya tanggal 28 Maret 2020 "Kami tahu cara menghidupkan kembali ekonomi. Yang kami tidak tahu adalah bagaimana menghidupkan kembali orang yang mati,".

  63. Jarak Tanpa Batas

    Jarak Tanpa Batas9 hari yang lalu

    Sepertinya Curva masih akan menaik..agar bansos bisa jadi Bakso. Siapa saja yang sudah menerima bansos? Atau cuma pencitraan saja?

  64. Eko Prasetyo

    Eko Prasetyo9 hari yang lalu

    Rakyat kecil mah kagak ada untungnya pak.....tindas aja terus dan cium pantat TKA China

  65. K I T A GAMER

    K I T A GAMER9 hari yang lalu

    Untung buat mafia covid. Rugi untuk masyarkat indonesia. Itu yg di terjadi sekarang di lapangan

  66. Awan Awan

    Awan Awan9 hari yang lalu

    Banyak omong

  67. Zorax Umild

    Zorax Umild9 hari yang lalu

    Tutup semua usaha biar mampus perintahan...klo ada yg ingin pisah ikut gw

  68. willy salim

    willy salim9 hari yang lalu

    Gak ada bos yg mau ikut org tolol bro

  69. Bocah Angon pls

    Bocah Angon pls9 hari yang lalu

    Malah membuat rakyat makin susah bingung dan stresss...

  70. Naning Naning

    Naning Naning8 hari yang lalu

    Lo masih enak bisa cari nafkah drpd lockdown kya negara lain dikurung sepenuhnya

  71. Asik Aja

    Asik Aja9 hari yang lalu

    Sangat merugi bagi pelaku ekonomi bawah, tambah sengsara. Cari makan susah mana harus byr cicilan dll. Beri kebebasan pelaku ekonomi bawah biar bisa makan.trims

  72. Supri Tuti

    Supri Tuti9 hari yang lalu

    Rakyat kecil kian menjerit

  73. winter tan

    winter tan9 hari yang lalu

    konsekuensi ppkm di perpanjang pak,, (dampak) jawabannya kemana mana

  74. Rendita Permana

    Rendita Permana9 hari yang lalu

    bandung mulai panas

  75. jhony arlin

    jhony arlin9 hari yang lalu

    Hadehh

  76. D.a2 Shop

    D.a2 Shop9 hari yang lalu

    Buntung

  77. mas romli

    mas romli9 hari yang lalu

    Ppkm diperpajang yg ada rakyat kecil bukan pegawai negri yg pasti makin menjerit.......

  78. Tauhid Okid

    Tauhid Okid9 hari yang lalu

    Msih sja Dri kmren Berita PPKM2 mulu yg gak Kelar2, Bkin Rakyat Kusut ekonomi Susah

  79. Naning Naning

    Naning Naning8 hari yang lalu

    Blm lg lockdown kya negara di dunia udh nyinyel

  80. Kenny Soelaiman

    Kenny Soelaiman9 hari yang lalu

    PPKM darurat diperpanjang dgn maksud untuk mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.... Tapi percuma banget, malah masih ada tawuran, juga banyak yg pawai obor di puncak, sholat berjamaah, nonton potong qurban. Banyak yg ikut serta tanpa prokes dan tanpa masker, tanpa jaga jarak. Belum lagi program vaksin yg menimbulkan kerumunan. Semoga tidak ada cluster baru dan semoga PPKM nya tidak diperpanjang terus menerus

  81. kancil prayogi

    kancil prayogi9 hari yang lalu

    Solah berjamaah itu lebih baik dari pada sholat sendirian

  82. Awan Awan

    Awan Awan9 hari yang lalu

    Terlalu banyak omong pemerintah sekarang aku gak pernah dapat bantuan sepeser pun

  83. Seto Al Zena

    Seto Al Zena9 hari yang lalu

    Ppkm di perpanjang sampai 25 Juli.. Klo ga da hasil mungkin kah akan di adakan ADU PINALTI

  84. Cak Eko Green Force Jabodetabek

    Cak Eko Green Force Jabodetabek9 hari yang lalu

    @Tanah Airbeta Sudah Pasti 🀸

  85. Tanah Airbeta

    Tanah Airbeta9 hari yang lalu

    Untung rugi ya pemerintah untung.rakyat rugi.

  86. Tanah Airbeta

    Tanah Airbeta9 hari yang lalu

    Paling diperpanjang lagi pak.

  87. Cak Eko Green Force Jabodetabek

    Cak Eko Green Force Jabodetabek9 hari yang lalu

    Ppkm Di ubah menjadi PPKN 😁

  88. Cak Eko Green Force Jabodetabek

    Cak Eko Green Force Jabodetabek9 hari yang lalu

    @Baihaq Rahmadani PPKN 😁

  89. daddy

    daddy9 hari yang lalu

    PELAKU USAHA DIBANTU JUGA DONG, BUKAN CUMA BUAT MAKAN AJA, KITA HARUS PERTAHANKAN KARYAWAN DARI PHK, SELAIN ITU STOP DULU BUNGA KREDIT PINJAMAN BANK, OJK SUDAH DIHUBUNGI TAPI TIDAK ADA JAWABAN. BUAT MAKAN AJA SUSAH APA LAGI BAYAR BUNGA ATAU BAYAR CICILAN ATAU BAYAR KARYAWAN.

  90. daddy

    daddy8 hari yang lalu

    @Naning Naning umkm mas. Susah bayar karyawan. Mau phk tapi kasihan. Nggak di phk tapi kita berat bayarnya.

  91. Naning Naning

    Naning Naning8 hari yang lalu

    Pengusaha apa mas ko susah makan

  92. filbert 502018004

    filbert 5020180049 hari yang lalu

    Mundur lah lebih baik

  93. Adiel Ahmadi

    Adiel Ahmadi9 hari yang lalu

    Hadew... Pak utangku nambak wakeh iki...mboan ojo nambah melih ppkm e to..😭

  94. Cak Eko Green Force Jabodetabek

    Cak Eko Green Force Jabodetabek9 hari yang lalu

    Sabar Rek😁🀸

  95. berajar keivanan televisi

    berajar keivanan televisi9 hari yang lalu

    Ben